Music,  Old posts

FEMM, a Fierce Fashionable Singing Japan Mannequins

Saya selalu menyatakan bahwa saya adalah penggemar Kpop. Memang faktanya playlist saya didominasi oleh penyanyi dan idol Korea, tapi jika ada yang beranggapan saya tidak mendengarkan genre musik atau penyanyi lain, itu adalah salah besar. Karena sekarang saya ingin memperkenalkan salah satu grup Jpop favorit saya, bernama Far East Mention Mannequins (FEMM).

Saya menemukan grup dengan konsep unik ini sekitar setahun lalu, saat mereka merilis video musik “POW!”. Saya awalnya tidak begitu tertarik dengan musik atau video klipnya tapi saya sangat terkesan dengan konsepnya. Hal itu pula yang mendorong saya mencari tahu lebih banyak mengenai FEMM.

Saya akan mengutip dari profil di website resmi mereka,http://femms.jp. Profil mereka ditulis dengan bahasa Jepang dan saya menggunakan google translate untuk menterjemahkan. Semoga tidak ada kesalahan.

FEMM adalah duo dance-rap manekin yang terdiri dari Riri (dibaca: Lili) dan Lula. keduanya tiba-tiba muncul di pusat ibukota Tokyo pada musim gugur tahun 2013.

Gadis-gadis ini kemungkinan hanya bisa bernyanyi dan tidak bisa berbicara. Maka dari itu dua agen dari FEMM Agency Syndicate, Honey-B dan W-Trouble, selalu mendampingi mereka untuk menjadi juru bicara. 

Pad tahun 2014, keduanya tampil dengan lagu Rap berjudul “Fxxk Boyz Get Money” yang dilengkapi dengan kreografi tari yang terinspirasi dari tarian jalanan, twerk. Lagu ini menjadi hits internasional dan dianggap sebagai “Girls Anthem” oleh para fashionista dan selebriti. Video Musik lagu ini telah ditonton lebih dari 1 juta kali di Youtube.

Untuk lebih mudah memahami konsep dari FEMM, kamu bisa menonton video di bawah ini

Saya akan mulai membahas dari musik mereka. Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa mereka adalah duo rap-dance. Musik mereka sendiri bergenre electronic dance.  Menurut saya, walaupun pada awalnya lagu mereka terdengar aneh, tapi harus diakui ada hampir setiap lagu mereka membuat saya bergoyang dan memiliki hook melekat di kepala saya.

Selain konsep mereka yang menurut saya luar biasa unik dan total. Saya jatuh cinta pada lirik lagu mereka, yang centil, galak dan pintar. Lirik lagu mereka semuanya menggunakan bahasa Inggris. Menurut wawancara Arama-Japan dengan juru bicara Lula, Honey-B, hal tersebut terjadi karena mereka di program untuk bernyanyi dengan bahasa Inggris.

Baca juga:

Walaupun aneh terdengarnya, tapi saya rasa itu merupakan bagian dari totalitas konsep mereka. Saya bahkan terkesan dengan totalitas agen-agen ini memegang teguh konsep mereka pada saat wawancara. Wawancara selengkapnya dapat dilihat pada link ini .

Dari semua lagu FEMM saya paling menyukai  “Dead Wrong”

Selain musik mereka yang asyik untuk didengar, saya selalu terhibur dengan video musik mereka.

Video musik musik memiliki tema futuristik yang kental dan tidak memiliki jalan cerita tertentu. Namun bahkan dengan setting, kreografi, kostum yang berbeda, musik video FEMM mendukung konsep besar dari grup FEMM. Dan tidak lupa Lula dan Riri yang membawakan karakter mereka dengan sangat brilian. Kamu bisa melihat seluruh musik video FEMM di akun Youtube resmi mereka, FEMM’s Agency Syndicate.

Video klip yang paling membuat saya terpukau dengan FEMM adalah “Unbreakable”. Oh ya lagu ini adalah satu-satunya lagu balad dari FEMM.

Pada saat menonton video musik mereka, saya penasaran seperti apa penampilan mereka di panggung. Saya awalnya berasumsi mereka tidak melakukan penampilan di panggung secara langsung, tapi ternyata saya salah besar. Berdasarkan akun instagram resmi mereka, @femm​____ , mereka tidak jarang melakukan penampilan langsung pada berbagai festival musik dan acara fashion di Jepang. Mereka bahkan bermain iklan untuk salah satu merek aksesoris terkenal, tampil di majalah Vouge dan Nylon jepang.

Klik disini untuk mendapatkan berbagai info menarik dari Inspirazzle langsung dikabarkan via email

Dibawah ini merupakan penampilan langsung dari FEMM pada Jpop summit 2015. Tidak satu detik pun, dari awal masuk hingga turun panggung, duo ini keluar dari karakter mereka sebagai manekin. Pada penampilan ini, saya akan percaya bila ada yang bilang mereka merupakan manekin atau boneka barbie yang hidup.

Saya rasa FEMM adalah salah contoh kekuatan musik Jpop. Mereka tidak hanya menjual musik tapi mereka menjual konsep yang menyeluruh, kuat dan matang dari setiap artis musiknya. Bila boleh saya berpendapat, saya seperti melihat karya seni saat melihat artis-artis musik dari Jepang.

Kalau kamu gimana? punya artis musik Jepang favorit dengan konsep yang unik seperti FEMM? Ayo Share artis musik Jepang favorit kamu di komentar! Ditunggu lho (n n),


By Arianne.

Walaupun saat ini playlistnya didominasi dengan kpop, sebenarnya ia tidak masalah mendengarkan semua genre musik, bahkan dangdut sekalipun, asal cocok di kupingnya.  Follow Arien di Instagram.

 


Baca juga:


Disclaimer: Artikel ini tidak disponsori oleh pihak manapun. Penulis tidak menerima permintaan, penawaran, bayaran atau service/jasa yang brand nya direview didalam artikel ini. Seluruh isi artikel ini adalah pendapat pribadi penulis.