Old posts

Moana, Film Terindah Tahun Ini

Tidak ada alasan untuk melewatkan Moana. Selain karena scene-scene didalam film yang sangat indah, film ini juga berisi pelajaran hidup yang sangat berarti.

Kakak saya, Sissy, dan saya sering sekali nonton film, mendengarkan musik atau fangirling pada video music yang sama. Kita juga sering banget janjian untuk bikin blog duet. Sayangnya, kita seringan lupa atau baru tahu kita nonton film yang sama setelah salah satu dari kita bikin reviewnya. Terus berakhir bete, hehehhehe. Karena kakak saya sudah menulis tentang Train to Busan dan Fantastic Beasts and Where to Find Them, saya akan bercerita pengalaman saya menonton Moana.

Saya agak malas untuk menullis deskripsi singkat mengenai film ini, jadi saya akan mencantumkan deskripsi dari wikipedia saja, ya

Moana is a 2016 American 3D computer-animated fantasy adventure film produced by Walt Disney Animation Studios, … the film tells the story of Moana, the strong-willed daughter of the chief of a Polynesian tribe, who is chosen by the ocean itself to reunite a mystical relic with a goddess. When a blight strikes her island, Moana sets sail in search of Maui, a legendary demigod, in hopes to save her people.

There is no reason for me not to watch animation movie. Apalagi kalau animasi buatan Walt Disney, Dream Works dan Pixar. Film animasi yang terakhir saya tonton di bioskop adalah Tangled. Yeah i know it’s so long ago, blame the collage, thank you. So saat saya melihat trailer film ini ketika nonton Fantastic Beast and Where to Find them, saya meneguhkan hati bahwa saya harus nonton film ini. 

Saya menonton film ini pada hari Jumat, kenapa hal ini perlu saya sebutkan, karena saya yakin moviegoers di luar sana tahu betapa mahalnya tiket nonton pada saat Jumat-Sabtu-Minggu di beberapa bioskop di Jakarta. Tapi setelah nonton film ini, saya bisa bilang that movie is worth every Rupiah i paid. Please, this is Walt Disney that we are talking about. What could go wrong with animation movie from Walt Disney?.

This movie as simply beautiful. Saya tidak menyangka akan mengatakan ini saat menonton film kartun, karena tentu saja semua adalah hasil gambar tangan atau komputer. Tapi mata saya benar-benar dimanjakan dengan pemandangan yang digambarkan dengan luar biasa cantik di setiap scenen, dari awal hingga akhir. Bahkan pada saat Moana berada di pantai lepas, I am still sighed how beautiful it is. Mungkin ada bantuan dari besarnya layar bioskop yang membuat saya dapat melihat detil dari setiap scene. But this movie truly is beautiful.

image
image

Ah Yes, watch this movie on the movie theater, better on 3D. I am a bit regretting the fact that I chosed to see on 2D, but it’s ok, it still awesome.  

Beside beautiful scene, This movie also have tons of funny moment, the unexpected one. Saking banyaknya saya tertawa hampir sepanjang film Setiap karakter yang muncul di film ini sangat berkesan untuk saya.

Moana, saya sangat kagum dengan bagaimana mereka mengemas Moana sebagai seseorang yang tidak hanya cantik, cukup pintar, dan berani, tapi juga bijaksana dan dewasa. Pada saat dia mencoba untuk menjalankan tugasnya sebagai calon kepala suku, dia tidak menunjukkan wajah sedih, frustasi atau marah lalu memberontak. Moana menunjukkan bahwa ia mencoba menerima perannya sebagai penerus kepala suku dengan lapang dada. For me, this is not just only about true to yourself. But also do things that you have to do but not lose your root of yourself. You don’t need to be angry and over-rabelious to show who you are.  

image
image

Maui, saya tidak menyangka bahwa Maui akan digambarkan dengan karakter yang congkak. Saya kira dia akan digambarkan sebagai seseorang yang dingin, kasar dan nyebelin. Well, karakter Maui ini agak menyebalkan sih kalo menurut saya. So I got that right, teehee. Scene favorite saya dari Maui adalah saat dia terus-terusan mencoba melempar Moana ke laut, and she is back on board. Everytime.

image

Dan saat dia berinteraksi dengan tatonya. Interaction between Maui and his Tattoo is so funny. I wanna have tattoo that I could talk to like his.

image

How we can not talk about HeiHei, That troublesome chicken even could pissed even the ocean. Well he only do two things in this movie. One, fall in to trouble, mostly fall in to the sea. Two, forced to eat, and he just do eating movement without really eat, he love stone more apparently. Two things and he is the most successful scene stealer on the movie.

image
image

I think my other favorite funny scene and character is that sassy flashy crab. Sejujurnya tempat tinggal si kepiting ini agak membuat saya geli, tapi saya kira mereka ingin menggambarkan underworld di bawah laut, so it’s fit. Walaupun karakter si sassy flasy crab ini nggak besar, dan tampaknya dia digambarkan sebagai peran pendukung antagonis, tapi scene dibawah ini membuat saya tertawa terbahak-bahak. This crab know how to be memorable.  

image

Last but not least Oh I can’t wait to mention this. My favorite character! Cutest villain EVER! The coconut pirate, Kakamora!. Minion is surely cute, but this one is the CUTEST!!. They try to be savage and their ship is badass, but they are adorable overall. Oooh i need to find store that sell kakamora plusie.

image

Disamping momen-momen lucu, saya juga menangis di salah satu scene, yaitu scene saat Moana bertemu dengan roh neneknya di tengah laut. Walaupun mungkin kalo kejadian tersebut terjadi sama saya, saya akan lebih dulu pingsan. Terjebak di tengah laut dengan perahu seadanya itu sudah menakutkan buat saya yang tidak bisa berenang ini, ditambah bertemu dengan hantu nenek saya? Nope, thank you, i am good. Intinya sih saya berharap tidak bertemu hantu dalam bentuk apapun dan dimanapun ya hehehe.  

The gif not potray the moment that make me cry, but it’s still makes me miss my grandma.

image

Oh ya ada cerita ketika saya nonton, anak di sebelah saya tampaknya terbiasa memaki ketika dia kaget atau bersemangat, seperti f**k, s**t. Umpatan anak ini jelas mengganggu saya, tapi disamping bahwa anak ini mungkin tidak lebih dari kelas 5 SD dan orangtuanya tidak menghentikan si anak untuk memaki-maki, yang paling mengganggu saya adalah dia memaki hampir sepanjang film. Ada satu momen, saat adegan Moana perlu mencelupkan tangannya ke laut untuk mengetahui posisinya di laut lepas, ia menyadari temperatur air tiba-tiba hangat. Dan Moana memarahi Maui tersenyum lega. Di tengah tawa penonton anak di samping saya berkata “Oh F***, he is farting!”, and i am stunned. This kid’s mouth surely advance on word but apparently he still long way to go to learn about life. Kid, Farting can NOT make water suddenly warm, bubbles probably if it’s strong enough, But pee can. Hopefully he learn it soon *)smirked.

Secara keseluruhan, film ini sesuai dengan ratednya semua umur. Bukan cuma karena kontennya tetapi karena film ini benar-benar bisa dinikmati oleh seluruh usia. Pada acara ngedate, nonton bareng teman, atau keluarga, atau nonton sendiri, this film recomended.

Dan sebelum merampungkan tulisan ini, lets give some love to this squishy little pig. I feel bad that troublesome chicken take all the spotlight, but this mini pig is so cute! Not as cute as kakamora tho ;P, peace.

image

By Arianne. Who recently enjoy watching movie on theater again, after done with her prefession degree and left with her thesis now. Check out my Instagram 


Baca juga:


Disclaimer: Artikel ini tidak disponsori oleh pihak manapun. Penulis tidak menerima permintaan, penawaran, bayaran atau service/jasa yang brand nya direview didalam artikel ini. Seluruh isi artikel ini adalah pendapat pribadi penulis.