Old posts

Homemade Cooking Recipe: Makarel Saus Tomat (No MSG)

Siapa sangka kalau citarasa makan instan yang sangat unik bisa didapatkan di dapur kita sendiri tanpa perlu MSG setitikpun. Saya sudah membuktikannya.

Namanya mantan anak kost, lifestyle anak kost sulit banget untuk saya tinggalkan. Salah satunya adalah lifestyle makanan instan. Walau sudah 6 tahun lebih meninggalkan kehidupan nge-kost, mie instan, kornet, sosis dan sarden/makarel kalengan masih sulit saya tinggalkan walau sadar dengan kandungan MSG nya yang tinggi.

Kebetulan, minggu lalu saya tiba-tiba niat ingin masak ikan, walau nggak yakin mau masak menu apa karena saya memang jarang sekali masak ikan. Kebetulan lagi, pas lewat didepan bagian ikan di supermarket ada makarel, yang langsung saya beli. Dengan yakinnya saya juga langsung beli tomat dan bawang bombay. Pokoknya yakin bin optimis kalo saya nggak akan gagal bikin makarel saus tomat.

Ternyata, walau saya membuat tanpa resep, saya beneran sukses membuat si ikan menjadi hidangan makan siang dan malam sekeluarga. Dan yang paling mengejutkan adalah, rasa masakan saya ini sama persis dengan rasa sarden/makarel kalengan walau saya tidak menambahkan MSG sedikitpun. Jadi mungkin sebenarnya rahasia sarden/makarel kalengan itu hanya kaldu ikan, bawang dan tomat.

Manteman yang penasaran bisa langsung cek resepnya yang sudah aku share di Cookpad. Jangan lupa dicookmark dan recook juga ya manteman. Selamat menikmati. 


by Sissy • a geek with a brain full of creative thoughts who loves tea, chihuahua, pop-punk music, doodling and writing. Follow on Instagram & Twitter and read her more serious blog.