Old posts

Korean Skin Care Steps, Tropical Way

Waktu hamil wajah mulus berkilau. Setelah lahiran, langsung kusam, kasar, jerawatan. Ada yang bilang karena hormon, atau bisa juga karena kecapekan dan kurang mandi tidur. Pengen hasil instan, saya banting setir dari perawatan minimalis ala Indonesia, ker perawatan maksimalis ala Korea. Ini hasilnya.

Breakout. Setelah hampir setahun punya kulit wajah mulus kinclong berkat banjir hormon saat hamil, sekarang saatnya kulit berjerawat berkomedo plus mata panda karena kurang tidur. Dan karena kondisi kulit yang memburuk juga akhirnya kesampaian untuk mencoba 10 steps Korean skin care routines yang sudah ingin dicoba sedari dulu. Ternyata, 10 steps terlalu banyak buat iklim Indonesia yang panas dan lembab, jadinya malah gatal-gatal dan makeup juga nggak tahan lama karena meleleh.

Setelah dikurang-kurangi, akhirnya 8 steps terasa pas buat iklim Indonesia. Dan ternyata nggak bohong apa yang ditulis blog-blog yang gembar-gembor kalau mau kulit mulus lembab seperti cewek Korea memang perawatannya harus segininya. Ini nih urutannya:

1. Oil cleanser: Membersihkan makeup waterproof dan mengangkat semua kotoran yang berbasiskan minyak.

2. Cleansing foam: Membersihkan sisa-sisa oil cleanser sekaligus semua kotoran yang berbasiskan air.

3. Face scrub: Mengangkat sisa-sisa kulit mati dan kotoran yang tersisa. 2 hari sekali aja pakainya.

image

4. Toner: Mengangkat sisa-sisa kotoran sekaligus sebagai dasar moisturizer yang ringan banget.

5. Essence: Vitamin ekstra buat kulit. Sekaligus booster untuk mengurangi permasalahan kulit yang spesifik, misalnya yang ini khusus untuk anti-aging.

6. Eye cream: Wajib banget buat para mommy yang pasti lelah dan kurang tidur. Pilih formula yang mencerahkan kulit di sekitar mata dan mengurangi kantung mata.

7. Moisturizer: Tetap wajib dipakai, karena kalau nggak rasanya kok makeup kurang rata. Fave aku yang berbahan dasar gel, karena nggak terlalu mengkilap di daerah T.

image

8. BB Cream: Di Korea, BB Cream dikategorikan sebagai skin care dan bukan makeup karena punya efek mengurangi peradangan. Yang aku pakai adalah BB Cream buat cowok, karena ternyata justru lebih oke untuk pori-pori aku yang nggak imut-imut ini.

Best buy: Kalau sedang malas pakai banyak banget steps atau ketika udara sedang panas luar biasa, setelah cuci muka aku pakai cream 3in1 (Toner, Serum, Moisturizer) ini saja, yang lagi-lagi adalah produk skin care untuk cowok. Praktis to the max.

Dari perawatan 10 steps Korean Skin Care, aku skip penggunaan Sun Screen dan Sheet Mask. Aku skip sun screen karena formulanya yang lengket dan tebal terasa nggak nyaman buat sehari-hari, selain itu BB Cream sudah mengandung sun screen juga. Sedangkan sheet mask aku skip karena alasan biaya, memberatkan banget kalau harus pakai setiap hari, seminggu sekali masih oke lah.

Setelah teratur menggunakan dua kali sehari selama dua bulan, memang terasa banget efeknya. Yang pasti kulit terasa jauh lebih kenyal, segar dan kerut yang kentara karena kulit kering jadi berkurang. Sayangnya, ternyata bahkan perawatan sebanyak ini nggak mampu mengurangi discoloration disekitar hidung dan komedo di dagu. Tapi 2 masalah ini memang sudah semenjak SMP sih, jadi ya pasrah deh.